Aplikasi konferensi video masih sangat dibutuhkan saat ini, perusahaan maupun sekolah saat ini masih sangat bergantung dengan aplikasi tersebut. Makanya banyak aplikasi konferensi video yang bermunculan menawarkan kelebihan masing-masing.

Zoom memang populer. Aplikasi ini mendadak terkenal saat pandemi Covid-19 padahal sejak lama sudah ada aplikasi konferensi video yang lain. Misalnya, Google Meet yang terintegrasi langsung ke akun Google di PC atau laptop lewat browser Chrome maupun smartphone.

Namun kedua aplikasi ini sama-sama bisa diakses di laptop atau PC maupun smartphone. Apa perbedaaan keduanya? Medcom.id sudah merangkum perbedaan Google Meet dan Zoom yang dikutip dari Android Authority.

1. Ukuran rapat atau konferensi video dan kebutuhannya
Google Meet diklaim lebih cocok untuk rapat cepat sementara Zoom lebih ditujukan bagi rapat berukuran besar. Google Meet mendukung jumlah peserta higga 250 sementara Zoom hinga 500 peserta.

Meskipun proses untuk pembuatan ruang meeting sama-sama mudah namun melihat seluruh kelengkapan fitur dan kapasitasnya maka keduanya punya perbedaan dalam jenis rapat atau koneferensi video yang akan digelar.

2. Antarmuka yang mudah ditemukan dan sederhana
Google Meet punya tampilan antarmuka yang agak berantakan dibandingkan Zoom. Pengguna awam yang baru pertama kali menggunakan mungkin akan bingung menemukan fitur di antarmuka Google Meet terutama di smartphone dengan ukuran layar yag lebih kecil.

Berbeda dari Zoom yang punya antarmuka sederhana sehingga dengan sedikit panduan sudah bisa mengingat lokasi setiap fitur. Makanya tidak heran apabila pengguna Zoom seperti sudah betah dengan aplikasi ini dan beranggapan aplikasi lain sulit dimengerti.

3. Durasi dan kemampuan merekam
Menyoal durasi, Google Meet menyediakan sesi konferenci video hingga 60 menit sementara Zoom hanya 40 menit dan perlu dicatat bahwa kemampuan ini tersedia di versi atau periode gratis. Di versi berbayar fitur ini bisa lebih lama.

Hal yang sama juga berlaku di kemampuan merekam. Saat ini Google Meet disediakan gratis hingga bulan September. Semau fitur termasuk kemampuan mereka video atau audio sesi konferensi video tersedia gratis namun aslinya berbayar untuk yang berlangganan G Suite.

Berbeda dari Zoom di versi gratis yang tetap menyediakan fitur merekam dalam bentuk video maupun audio dan bisa disimpan langsung di perangkat PC atau smartphone yang digunakan.

4. Perbedaan harga berlangganan
Pada akhirnya saat sudah sangat nyaman dengan aplikasi yang digunakan maka Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengambil layanan berlangganan mengingat pandemi Covid-19 seperti masih belum mereda.

Google Meet lewat layanan berlangganan G Suite menawarkan biaya bulanan paling murah yaitu USD10 atau kisaran RP143.550 per bulan untuk setiap pengguna aktif. Paket ini sedang gratis hingga tanggal 30 September 2020 jadi semua akses fitur mendalam masih bisa digunakan.

Zoom sendiri menyediakan biaya langgan bulanan paling murah USD16 atau kisaran Rp229.680 per bulan. Harganya memang lebih mahal namun di versi gratis saat ini banyak fitur yang sudah bisa diakses dan lebih lengkap dibandingkan Google Meet.

 

Sumber : 4 Perbedaan Google Meet dan Zoom untuk Konferensi Video