Silvergen.id Anda mungkin merupakan salah satu orang yang kerap berganti pekerjaan atau memutuskan untuk berhenti untuk menggunakan akun email tertentu, atau hanya sekadar ingin menyalin seluruh email untuk berjaga-jaga..

Apapun alasan Anda, bukanlah ide buruk untuk melakukan backup dan mengekspor Gmail dan akun Google lain menggunakan fitur Google Takeout. Bahkan Anda juga dapat mengatur akun untuk melakukan backup secara rutin, merupakan hal yang patut Anda lakukan.

Namun jika akan melakukan backup ada akun milik perusahaan, Anda perlu memperhatikan apabila perusahaan telah menonaktifkan fitur Takeout ini. Selain itu, terdapat aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat melakukan backup pada Gmail.

Meskipun demikian, Anda perlu mencari tahu kebijakan perusahaan terkait hal ini sebelum mencoba aplikasi tersebut. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan backup pada Gmail.

1. Akses myaccount.google.com
2. Pada pengaturan Privacy & Personalization, klik Manage your data & personalization.

3. Gulir ke menu Download, Delete, or Make Plan for Your Data. Klik Download your data, dan langkah ini akan menampilkan halaman Google Takeout.
4. Pilih kotak di sebelah Gmail dan aplikasi lain yang ingin dibackup.
5. Klik tombol untuk memilih format unduhan untuk data.

6. Klik Next Step.
7. Pilih cara penerimaan data, dan klik panah di bawah Delivery Method untuk melihat opsi yang ditawarkan, termasuk mengirimkan tautan unduhan atau menambahkannya ke Drive, Dropbox, atau OneDrive.

8. Pilih frekuensi ekspor, sebanyak satu kali atau setiap dua bulan, hingga satu tahun. Lalu pilih tipe file dan ukuran file maksimum. Setelahnya klik Create Export.

Setelahnya, proses ekspor segera dimulai, dan Anda hanya perlu menunggu proses ini selesai. Proses ini mungkin akan berlangsung selama beberapa hari, dan Anda juga dapat mengklik Cancel Export atau Create Another Export jika dibutuhkan. Selamat mencoba!

Sumber: Ini Cara Backup Gmail